Alat dan Bahan sablon Beserta Fungsinya

Posted on

Alat dan Bahan sablon Beserta Fungsinya. Jika mendengar kata kaos sablonan, pasti banyak yang berpikir bagaimana membuat sablonnya yang menarik, baik dari segi desain ataupun perpaduan warna. Tetapi sedikit diantara banyak orang yang berpikir seberapa rumit proses sablon itu sendiri hingga menghasilkan kaos sablonan yang baik. Artikel kali ini akan sedikit membahas alat-alat yang dibutuhkan untuk proses sablon, silahkan dibaca dan jika menarik boleh di sharing. Hehehe…

Alat dan Bahan sablon

1. Screen sablon
Fungsinya untuk menghantarkan tinta/cat sablon ke media cetak, seperti kain atau media lain.

screen sablon
screen sablon

2. Rakel
Fungsinya sebagai kuas untuk meratakan tinta yang dituangkan diatas screen tadi. Jangan mengunakan kuas cat dinding ya, hehehe.

rakel
rakel

3. Meja Afdruk
Fungsinya untuk menyinari kalkir agar bias terbaca di screen sablon (proses perekaman).

meja afdruk
meja afdruk

4. Meja Sablon
Fungsinya sudah jelas untuk proses penyablonan bukan tempat makan, hehehe. Usahakan meja sablon memiliki media yang rata, karena akan dijadikan tempat untuk meletakan screen sablon.

5. Hairdyer
Fungsinya untuk mepercepat pengeringan afdruk atau ulano dalam proses perekaman, bias juga digunakan untuk pengeringan sablon kaos.

hair dryer
hair dryer

6. Ulano/Afdruk
Fungsinya untuk mentransfer media dari film/klise ke dalam screen sablon. Ulano merupakan obat/exposure yang peka terhadap cahaya.

ulano
ulano

7. Tinta Sablon
Fungsinya untuk memberi warna pada media cetak atau kain. Ada 2 macam tinta sablon:
· Tinta berbahan dasar minyak sering digunakan untuk sablon kertas, sticker, plastic, dll.
· Tinta berbahan dasar air sering digunakan untuk sablon kaos, spanduk , kain lainnya.

tinta sablon
tinta sablon

Alat dan Bahan sablon

8. Ragum / Catok
Fungsinya untuk mengunci screen pada meja sablon, biasanya dibuat seperti engsel pintu tujuannya agar screen sablon bias digerakan naik turun pada posisi yang sama.

catok
catok

9. Film / Klise
Fungsinya sebagai media desain sablon, biasanya desain diprint dari kertas kalkir atau bisa juga dengan kertas HVS.

film / klise
film / klise

10. M3 / 3M
Fungsinya untuk mengencerkan tinta sablon berbahan dasar minyak, selain itu juga berfungsi sebagai penghapus film yang sudah dibuat pada screen sablon. Proses penghapusan screen sablon akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

M3
M3

Alat dan Bahan sablon Beserta Fungsinya. Sekian dulu pengenalan alat dan bahan untuk proses sablon, jika kamu tertarik ingin produksi kaos sablonan dengan harga yang bersahabat dapat menghubungi Kami disini. Terima kasih.

alat dan bahan membuat sablon dan fungsinya, alat dan bahan sablon beserta fungsinya, alat untuk meratakan tinta/cat, harga meja afdruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *