Jenis Sablon yang Bagus dan Awet

Posted on
jenis sablon yang bagus
jenis sablon yang bagus

Jenis Sablon yang Bagus dan Awet ternyata ada beberapa macam. Meskipun orang selama ini mengenal sablon manual saja yang sudah muncul sejak zaman dulu. Namun kini, dizaman modern teknik sablon sudah banyak berubah.

Kemajuan membuat sablon sudah bukan lagi dicetak secara manual, melainkan telah menggunakan mesin. Bahkan mesin sablon printing itu pun bermacam-macam jenisnya. Ada yang sangat canggih dan ada pula yang semi manual.

Apapun jenis sablonnya, pada pada dasarnya teknik ini bertujuan untuk mencetak gambar pada media kain, kertas, plastik, aluminium atau yang lainnya. Di mana hasil cetakan akan sama persis dengan desain yang telah dibuat.

Sepanjang sejarah sablon di dunia dan Indonesia, ada 16 macam jenis sablon yang bagus dan awet. Semua teknik sablon ini hingga sekarang masih digunakan di industri percetakan maupun clothing.

Jenis Sablon yang Bagus dan Awet

 

1. Jenis Sablon Manual

sablon manual
sablon manual

Siapapun pasti sudah tahu tentang jenis sablon manual ini. Merupakan teknik sablon paling kuno. Segala macam tahapannya dilakukan secara manual oleh manusia. Dengan peralatan sederhana.

2. Jenis Sablon Polyflex

sablon polyflex
sablon polyflex

Jika sedang mencari jenis sablon yang bagus dan awet, nampaknya Polyflex bisa dipertimbangkan. Ini merupakan teknik sablon dengan 2 jenis mesin, cutting atau printing. Namun kalau yang cutting, hasil pewarnaannya kurang bagus.

3. Jenis Sablon 3 Dimensi

sablon 3d
sablon 3d

Bukan hal yang mustahil dan baru, kalau gambar 3 dimensi dapat dibuat di atas media yang datar. Begitu pun dengan sablon, teknik 3D dapat memberikan kesan hidup pada desain yang tercetak. Sehingga sablon 3D menjadi salah satu jenis sablon yang bagus dan awet.

4. Jenis Sablon Direct to Garment (DTG)

sablon dtg
sablon dtg

Sablon DTG sedang booming popularitas. Banyak pengusaha sablon yang beralih ke mesin DTG ini. Karena sangat praktis dan bisa membuat desain apapun yang terhubung ke komputer. Dengan mesin DTG juga memungkinkan pedagang clothing menjual satu baju kepada konsumen. Karena tidak akan rugi berkat mesin praktis ini.

5. Jenis Sablon Foil

sablon foil
sablon foil

Jenis sablon foil sangat bagus untuk mencetak desain di kertas atau baju. Sebab akan memberikan efek mengkilat. Kilatan ini hasil dari teknik pelapisan kertas logam.

6. Jenis Sablon Glitter

sablon glitter
sablon glitter

Tidak ada bedanya dengan sablon pada umumnya. Hanya saja jenis sablon yang bagus dan awet ini akan memberikan kesan kerlap-kerlip pada desain yang tercetak. Kerlap-kerlip ini hasil tintanya yang dicampur dengan glitter khusus.

7. Jenis Sablon Flocking

sablon flocking
sablon flocking

Sablon flocking terkenal akan hasilnya yang mewah. Sebab, cetakan desainnya akan timbul dengan bentuk serupa kain juga. Ternyata tinta untuk menyablonnya memang sudah dicampur dengan bahan khusus, semacam ramuan kain beludru.

8. Jenis Sablon Glow in the Dark

sablon glow in the dark
sablon glow in the dark

Memang, sablon di era modern tidak hanya mengandalkan mesin. Namun juga bahan-bahan pembuat tinta. Seperti sablon Glow in the Dark ini akan menghasilkan cetakan desain yang bisa menyala seperti lampu, bila berada dalam ruangan gelap. Ternyata tintanya terbuat dari campuran mineral fosfor. Ini merupakan jenis sablon yang bagus dan awet.

9. Jenis Sablon Plastisol

sablon plastisol
sablon plastisol

Sablon plastisol terkenal dengan kemahalannya. Sebab, jenis sablon ini memiliki tinta khusus dari campuran minyak plastisol. Keunggulannya adalah dapat mencetak desain yang sangat rumit dan kecil-kecil. Hasilnya juga sangat erat dan kuat.

Jenis Sablon yang Bagus dan Awet

 

10. Jenis Sablon Pigmen

sablon pigment
sablon pigment

Ini merupakan salah satu jenis sablon yang bagus dan awet juga. Pasalnya, hasil cetakannya benar-benar akan merembes menjadi pigmen warna kain. Hanya saja, jenis sablon ini hanya bisa digunakan pada kain putih dan terang.

11. Jenis Sablon Rubber

sablon rubber
sablon rubber

Sesuai dengan namanya, Rubber yang berarti karet. Maka hasil cetakan desain dari sablon ini sangat elastis bagaikan karet. Terasa kenyal kalau disentuh.

12. Jenis Sablon Aspal

sablon aspal
sablon aspal

Sesuai dengan namanya, sablon aspal akan menghasilkan warna hitam bagaikan cairan aspal. Mengkilat dan sedikit kesan timbul. Teknik sablon aspal ini cukup jarang digunakan karena terbatas warnanya hanya hitam. Tapi overall, ini merupakan jenis sablon yang bagus dan awet.

13. Jenis Sablon Separasi

sablon separasi
sablon separasi

Bisa dibilang, sablon separasi merupakan jenis sablon yang bagus dan paling awet. Pasalnya teknik pewarnaannya saja khusus dan sangat teoritik. Berdasarkan teori warna, ada warna dasar yang disebut CMYK (Cyan, Magenta, Yellow dan Black), nah sablon separasi ini gunakan CMYK sebagai warna dasarnya.

14. Jenis Sablon High Density

sablon high density
sablon high density

Kemudian, jenis sablon yang bagus dan awet adalah high density. Ini merupakan jenis sablon yang memiliki efek timbul, seolah-olah gambarnya hidup. Penampakan desainnya memang jadi 3D alias tiga dimensi. Ini cocok untuk kaos-kaos distro yang menginginkan kemewahan desain.

15. Jenis Sablon Discharge

sablon discharge
sablon discharge

Untuk jenis sablon discharge ini memiliki keunikan. Di mana tinta atau catnya akan merembes dan mampu mengubah warna asal kainnya. Jika tintanya warna biru, kemudian dipakaikan ke bahan kaos warna hitam. Maka kaosnya akan berubah jadi biru. Dan ini tidak sekadar menempel saja, namun benar-benar menyatu warnanya.

16. Jenis Sablon Reflektif

sablon reflektif
sablon reflektif

Sablon ini mirip dengan Glow in the Dark. Merupakan jenis sablon yang memiliki efek warna menyala. Perbedaannya, Glow in the Dark hanya menyala pada saat berada di kegelapan. Sedangkan sablon reflektif justru punya efek berkilauan bila ditimpa sinar matahari atau lampu.

Jenis Sablon yang Bagus dan Awet. Nah, itulah 16 jenis sablon yang bagus dan awet. Berbagai teknik menyablon di atas baik semua, tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya. Mau hasil desain dan cetakan yang seperti apa.

kelemahan sablon rubber matsui, Risa Sablon Kabupaten Garut Jawa Barat, cara sablon plat aluminium, toko alat2 sablon di cikampek, cara mencuci baju glow in the dark, cara menghilangkan sablon di jaket parasit, cara menghilangkan sablon rubber, cara menyablon aluminium, cara sablon jaket parasut, toko sablon di cikampek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *